LOADING

Type to search

Hati-Hati Jika Mau Kurus! Ternyata Ini Dampak Buruk dari Obat Pelangsing

Hati-Hati Jika Mau Kurus! Ternyata Ini Dampak Buruk dari Obat Pelangsing

Share

Beberapa orang rela mengonsumsi pil penurun berat badan tanpa memperhatikan efek samping obat pelangsing tersebut. Walau menggunakan pil pelangsing tak dilarang, memakainya tanpa mengikuti cara pakai akan mengantarkanmu pada masalah alih-alih memperoleh badan ideal. Celakanya, suplemen yang digadang-gadang mampu menurunkan bobot tubuh mengancam kesehatanmu dengan risiko-risiko:

  • Ketergantungan pada obat

Tak berbeda jauh dari sejumlah obat, pil pelangsing dapat menimbulkan efek ketergantungan pada pengonsumsi. Dampak ini umumnya terjadi saat kamu mengonsumsi obat dalam jangka waktu lama, lalu berhenti mendadak. Tubuh yang sudah terbiasa menerima asupan bahan-bahan kimia dari pil pun lantas ‘berontak’ dan memintamu buat memenuhi kebutuhannya akan obat tersebut. Beberapa ciri kecanduan atau ketergantungan pada obat pelangsing yang sering dirasakan adalah pusing dan badan meriang.

  • Mengalami gangguan pencernaan

Karena mengalami kontak langsung, sistem pencernaan tak akan lepas dari dampak pil penurun berat badan. Sebagian besar obat pelangsing yang beredar di pasar diracik untuk meluruhkan lemak yang berada di sekitar perut dan dikeluarkan dengan cara tak alami. Memakainya dalam dosis tepat dan sebentar mungkin tidak akan memicu masalah tersebut. Akan tetapi, konsumsi jangka panjang bakal membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras dan berujung pada gangguan kesehatan.

  • Memicu alergi pada tubuh

Efek samping obat pelangsing selanjutnya adalah alergi pada tubuh. Untuk sebagian orang, bahan-bahan yang dipakai dalam pil penurun badan merupakan alergen yang memicu reaksi kurang baik pada tubuhnya. Gatal-gatal, ruam, jerawat, dan flu mendadak hanyalah segelintir alergi yang muncul dari konsumsi obat pelangsing. Sayangnya, masih ada orang yang nekat memakan pil tersebut karena tak tahu punya alergi atau sengaja mengabaikannya demi mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan.

  • Sulit tidur malam atau insomnia

Jika sebagian obat memberikan efek kantuk pada peminumnya, maka pil pelangsing justru malah membuat kamu sulit tidur di malam hari. Hal tersebut secara tak langsung mengganggu tubuh yang semestinya istirahat. Jam biologismu juga jadi kacau mengingat beberapa organ tubuh bekerja lebih keras daripada biasanya. Tidak menutup kemungkinan proses detoksifikasi—termasuk racun dari obat—terhambat gara-gara kamu begadang sampai pagi.

  • Jantung tiba-tiba berdebar kencang

Dampak terakhir yang kerap bikin orang-orang was-was dan panik adalah jantung yang berdebar kencang. Debaran yang dirasakan pun punya intensitas yang beragam, tergantung kondisi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Makanya beberapa merk pil pelangsing tidak dianjurkan buat mereka yang punya masalah pada jantungnya. Kalau sampai nekat menggunakan obat penurun badan tersebut, mereka berisiko mengalami serangan jantung hingga kematian.

Jadi, bagaimana? Apa kamu masih ingin minum pil penurun berat badan sembarangan setelah tahu efek samping obat pelangsing di atas?

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *