LOADING

Type to search

Benarkah Keringat Banyak Tanda Bakar Kalori Lebih Banyak?

Benarkah Keringat Banyak Tanda Bakar Kalori Lebih Banyak?

Share

Demi mendapatkan keringat banyak setelah olahraga, beberapa orang rela melakukan latihan fisik di bawah paparan sinar matahari sampai ruangan panas. Mereka beranggapan bahwa jumlah keringat berbanding lurus dengan banyaknya kalori yang dibakar tubuh. Apakah hal ini tepat? Mengapa keringat dijadikan sebagai indikator keberhasilan pembakaran kalori?

Hubungan berkeringat dengan pembakaran kalori

Secara umum, berkeringat termasuk proses pendinginan untuk menjaga suhu tubuhmu supaya tetap stabil selepas melakukan aktivitas, salah satunya olahraga. Walau keduanya berhubungan, berkeringat pada faktanya tidak berhubungan dengan jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Mengapa demikian? Ketika berolahraga, temperatur pada tubuhmu mengalami kenaikan yang semakin meningkatkan kemungkinan berkeringat banyak. Sebuah studi yang melibatkan 20 atlet pesepeda telah membuktikan bila berolahraga di tengah suhu panas akan mendorong produksi keringat. Dengan begitu, tahap pendinginan dan sirkulasi darah ke kulit akan lebih baik. Namun, penelitian ini tidak menemukan korelasi di antara jumlah keringat dengan kuantitas kalori yang dibakar.

Faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya keringat

Seperti kepribadian, setiap orang mempunyai kemampuan produksi keringat berbeda-beda. Contohnya, perempuan punya jumlah kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan pria. Akan tetapi, kaum Adam justru cenderung mudah berkeringat karena kelenjarnya bekerja lebih aktif. Dengan kata lain, pria cenderung mengeluarkan keringat banyak setelah olahraga lebih cepat daripada kaum Hawa meskipun beraktivitas dalam intensitas yang sama.

Selain itu, orang bugar mampu memproduksi keringat lebih cepat dibandingkan orang yang kurang aktif melakukan latihan fisik karena suhu tubuhnya lebih rendah. Kemudian, mereka yang mempunyai berat badan berlebih biasanya mengeluarkan keringat yang banyak pula dibandingkan yang berat badannya normal. Hal tersebut disebabkan lemak yang berperan sebagai penghantar panas untuk menaikkan suhu inti tubuh. Faktor eksternal seperti pakaian dan cuaca ikut mengambil peran juga dalam kondisi ini.

Benarkah keringat banyak adalah tanda bobot badan susut?

Jika menyimak lagi penjelasan di atas, kamu mungkin dapat menyimpulkan bahwa berkeringat dalam jumlah banyak tak selamanya jadi tanda penurunan berat badan. Susutnya berat tubuh selepas latihan fisik sifatnya temporer dan akan kembali lagi naik saat kamu terhidrasi atau makan. Artinya, tubuhmu juga tidak membakar lebih banyak kalori.

Di sisi lain, kamu jangan cepat putus asa karena keringat yang diproduksi tidak melimpah kendati sudah rajin berolahraga. Minimnya keringat yang dikeluarkan saat latihan fisik bisa disebabkan beberapa faktor. Sebut saja karena kamu melakukannya di dalam ruangan dengan AC atau di sekitar kipas angin. Cuaca yang sejuk atau berangin juga biasanya membuat tubuhmu memproduksi keringat dalam jumlah yang lebih sedikit.

Semoga informasi di atas membuat kamu lebih paham mengenai fakta keringat banyak setelah olahraga, ya!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *