LOADING

Type to search

Fitness Talks

Dampak Workout Pada Badan Di Usia Remaja

Share

Melakukan workout memiliki manfaat dan juga memiliki dampak buruk. Salah satu dampak buruk yang bisa terjadi jika dilakukan oleh anak remaja. Belakangan ini karena tingginya peran sosial media dalam kehidupan banyak anak remaja baik pria maupun wanita yang terobsesi dengan bentuk tubuh ideal dan hal ini biasanya di capai dengan melakukan workout di gym. Untuk anda para remaja yang memiliki obsesi ini, baca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan jawaban dari dampak workout pada remaja.

Remaja dan olahraga

Olahraga adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh siapa pun. Akan tetapi pada orang-orang dalam kondisi tertentu, seperti orang yang memiliki kondisi lemah jantung, backpain, wanita hamil, dan juga untuk remaja ada batasan-batasan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga.

Bagi anak dalam usia remaja tidak melakukan aktivitas fisik merupakan hal yang salah, tapi terlalu banyak juga dapat membahayakan bagi kesehatan. Waktu yang pas untuk anak remaja melakukan olahraga adalah sekitar 7 hingga 14 jam. Jika lebih dari itu, maka hal ini bisa disebut berlebihan. Jika olahraga dilakukan dengan berlebihan, maka ada banyak hal buruk yang mungkin terjadi. Apa saja hal buruk yang terjadi tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

Masalah ginjal

Salah satu masalah yang mungkin terjadi jika remaja melakukan kegiatan olahraga yang berlebihan adalah mengenai kerusakan ginjal. Hal ini terjadi jika anak remaja melakukan olahraga dan meminum suplemen untuk orang dewasa. Suplemen orang dewasa untuk workout biasanya mengandung steroid dan kandungan protein yang berat sehingga mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Masalah pada tulang

Selain pada ginjal, salah satu masalah yang mungkin terjadi pada remaja yang melakukan workout adalah pada tulangnya. Ketika remaja mengangkat beban yang terlalu berat, hal ini akan membahayakan jaringan-jaringan tulang lunak dan sendiri yang sedang tumbuh di bagian ujung tulang mereka. Oleh karena itu, workout angkat beban memang tidak begitu direkomendasikan untuk anak-anak remaja. Jika anda ingin melakukan angkat beban, maka lakukan kegiatan angkat beban dengan beban tubuh sendiri yaitu melakukan push up, plank atau squat.

LBP

LBP atau singkatan dari lower back pain merupakan salah satu cedera seumur hidup yang mungkin di rasakan oleh anak-anak remaja yang melakukan kegiatan workout berat. Cedera lower back pain merupakan cedera yang tidak mungkin bisa disembuhkan dan bisa terjadi kapan saja. Untuk anda yang tidak ingin mengalami hal ini, maka hindari olahraga terlalu berlebihan untuk diri anda.

Masalah imun

Banyak anak remaja yang demi mencapai sebuah prestasi melakukan olahraga bahkan ketika merak sedang sakit. Hal ini merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan karena dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *