LOADING

Type to search

Fitness Talks

Olahraga Untuk Ibu Hamil Muda

Share

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang baik dilakukan oleh siapa saja termasuk untuk ibu yang sedang hamil. Hanya saja memang tidak semua jenis olahraga baik untuk ibu hamil terutama untuk ibu yang sedang hamil muda. Untuk anda yang sedang dalam usia kehamilan muda, berikut ini adalah jenis olahraga yang cocok untuk anda.

Olahraga untuk anda yang sudah sudah biasa aktif

Untuk anda yang sudah biasa melakukan olahraga untuk memang sudah aktif bergerak sebelum hamil dalam 3 bulan pertama anda masih bisa meneruskan kegiatan olahraga yang biasa anda lakukan. Seperti yoga, jogging atau lari semuanya bisa anda lakukan pada 3 bulan pertama. Hal ini disebabkan karena pada 3 bulan pertama perut anda belum terlalu besar sehingga kegiatan olahraga tidak mengganggu kesehatan janin anda. Namun kegiatan ini perlu dikurangi ketika anda sudah masuk pada bulan-bulan usia kandungan lebih tua pasalnya pada usia kandungan lebih tua kegiatan olahraga dapat menghambat sirkulasi darah untuk anak anda sehingga dapat membahayakan.

Jenis olahraga untuk memulai

Jika anda baru memulai olahraga untuk menjaga kesehatan janin anda, maka anda bisa memulai olahraga yang simpel. Mulai dari berjalan atau berenang. Sebagian besar sesungguhnya cocok untuk ibu yang sedang hamil asal energi yang dikeluarkan cocok. Contohnya jika anda ingin melakukan angkat beban, maka pastikan beban yang anda angkat tidak lebih ari 25 hingga 35 lbs.

Pembatasan olahraga digunakan untuk menghindari terjadi stres pada sendi. Pada tubuh kelelahan dan stres, maka hal ini bukan hal yang baik untuk ibu yang sedang hamil. Salah satu jenis olahraga yang sangat di rekomendasikan untuk ibu hamil adalah olahraga berenang. Olahraga renang merupakan olahraga yang dapat membantu menggerakkan seluruh tubuh. Dengan menggerakkan seluruh tubuh ibu hamil bisa mendapatkan mood yang lebih baik. Jadi olahraga tidak hanya bermanfaat untuk membantu tubuh ibu hamil tetap sehat tapi juga menjaga mood lebih baik dan terjaga.

Olahraga yang perlu dihindari

Di atas disebutkan bahwa sebagian besar olahraga cocok untuk ibu hamil, akan tetapi ada juga yang sangat buruk dilakukan jika anda sedang dalam masa kehamilan. Contoh dari olahraga yang buruk untuk dilakukan di masa kehamilan adalah olahraga senam, ski, diving atau olahraga yang membutuhkan gerakan yang ekstrem seperti olahraga berkuda. Kegiatan ini dapat menyebabkan masalah guncangan pada tubuh yang hebat sehingga dapat mempengaruhi atau bahkan membahayakan bayi anda.

Olahraga sesuai dengan kondisi ibu

Ketika bicara mengenai aktivitas fisik, maka pastikan anda memiliki kondisi fisik yang sehat. Jika ibu hamil ini memulai olahraga, maka pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter yang menangani anda. Jika kondisi anda memang memungkinkan untuk olahraga, maka anda bisa memilih olahraga yang aman untuk ibu hamil tapi jika dokter melarang, maka sebaiknya ikuti nasihat dokter untuk keselamatan janin anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *