LOADING

Type to search

Fitness Talks

Olahraga Yang Membebani Jantung

Share

Olahraga adalah salah satu hal yang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh. Akan tetapi terkadang ada juga beberapa olahraga yang tidak baik untuk tubuh karena sifatnya yang memaksa bagian-bagian tubuh. Salah satu bagian tubuh yang banyak bekerja ketika melakukan olahraga adalah jantung. Untuk anda yang memiliki jantung yang lemah. Ada beberapa olahraga yang tidak baik untuk dilakukan bagi kesehatan jantung anda. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Lari dalam jangka waktu panjang

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dinilai dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung. Akan tetapi ada juga jenis olahraga yang sangat buruk untuk dilakukan dan dapat menyebabkan masalah pada jantung. Salah satu jenis olahraga tersebut adalah olahraga lari. Olahraga lari sesungguhnya merupakan olahraga yang tepat untuk dilakukan untuk anda yang ingin menguatkan jantung anda. Akan tetapi olahraga ini akan berdampak sangat buruk jika anda melakukan olahraga ini dengan terlalu berlebihan.

Lari merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam golongan olahraga cardio. Olahraga ini memang membantu meningkatkan pernafasan dan juga meningkatkan kekuatan jantung anda. Akan tetapi jika dilakukan dalam waktu yang sangat lama dalam waktu waktu hal ini bisa berdampak sangat buruk pada kesehatan.

Olahraga yang belum pernah dilakukan

Selain olahraga lari yang sangat lama, olahraga yang belum pernah dilakukan juga bisa menjadi masalah pada jantung anda. Contoh olahraga yang tidak pernah dilakukan adalah bersepeda sepanjang 20 mil pada musim kemarau, berenang tanpa berhenti selama waktu yang belum pernah dilakukan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegiatan olahraga yang belum pernah dilakukan dan dilakukan pertama kali dengan intensitas yang tinggi dapat menyebabkan masalah pada jantung. Contohnya adalah melakukan olahraga sepeda dalam jarak yang sangat panjang di musim kemarau padahal ini adalah kali pertama anda melakukannya menyebabkan produksi adrenalin menjadi berlebihan. Produksi adrenalin yang berlebihan ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Kesimpulan

Apapun kegiatan olahraga yang dilakukan jika dilakukan secara sembarangan dan berlebihan akan menyebabkan masalah pada jantung anda. Oleh karena itu jika anda memang menyukai olahraga seperti lari, sebaiknya lakukan olahraga ini dalam jarak yang singkat terlebih dahulu, setelah itu baru ditambah sehingga jantung anda tidak kaget.

Ketika ada perubahan musim atau perubahan hal-hal lainnya yang mungkin menyebabkan jantung anda bekerja dengan lebih berat, maka jangan memaksakan jantung untuk melakukan tugas yang berlebih. Jantung memiliki batas kemampuan, untuk bisa melampauinya anda perlu melatih otot jantung anda dengan latihan yang bertahap sehingga risiko serangan jantung dapat di cegah. Salah satu olahraga yang sangat aman untuk tubuh dan jantung yang mungkin banyak disebutkan adalah renang, akan tetapi jika anda memiliki pilihan lain anda juga bisa mencoba kegiatan olahraga terebut. Hanya saja pastikan bahwa kondisi diri anda sesuai dengan olahraga yang akan anda lakukan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *