LOADING

Type to search

Fitness Talks

Pentingnya Gerakan Pendinginan Setelah Workout

Share

Diketahui bahwa tujuan pendinginan dan meregangkan tubuh setelah olahraga adalah hal penting. Mengapa demikian? Manfaatnya tak hanya membantu risiko cedera, namun juga dapat membantu menghilangkan nyeri yang timbul sesudah berolahraga. Pentingnya gerakan pendinginan setelah workout ini disadari oleh banyak sanggar pengelola senam. Sehingga mereka mendesain gerakan khusus untuk hal tersebut.

Ketika anda berolahraga, maka otot tubuh merasakan hangat akibat aktivitas gerakan yang dilakukan serta ritme gerakan yang cepat saat anda berolahraga. Pendinginan bermanfaat untuk meningkatkan rentang dari gerak otot sehingga otot tidak sobek ataupun terluka pada kondisi yang hangat tersebut. Jika anda rutin melakukan gerakan pendinginan setelah berolahraga, maka pendinginan juga mampu mengatasi nyeri otot yang lazim muncul paska 1 atau 2 hari setelah anda berolahraga.

Berikut beberapa alasan kenapa pentingnya pendinginan setelah workout :

Mengatasi dan meringankan kelelahan otot

Saat anda melakukan olahraga maka asam laktat akan terbentuk di dalam otot Anda. maka sering sekali asam laktat ini akan menyebabkan pada nyeri otot serta kelelahan. Maka dengan melakukan pendinginan, secara tidak langsung otot akan perlahan melakukan persiapan menurunnya suhu seperti sedia kala serta menuju aktivitas seperti biasa. Setelah itu nyeri pun akan berangsur hilang.

Fleksibilitas otot

Hal lain yang akan anda peroleh dari manfaat pendinginan yaitu guna melatih serta meningkatkan fleksibilitas otot pada tubuh. Penting untuk melatih agar otot anda lebih fleksibel terutama bagi anda yang rutin dan gemar berolahraga setiap hari.

Bagi usia yang sudah semakin menua, otot dan sendi pada tubuh akan semakin kaku. Dan tentunya akan menjadi semakin tidak fleksibel.  Maka pendinginan maupun pijat yang dilakukan setelah berolahraga menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Terapi stress pada badan dan pikiran anda

Tidak hanya tubuh serta otot saja yang akan merasakan relaksasi setelah berolah raga, Namun pikiran juga dapat merasakan efek dari pendinginan. Jika anda melakukan gerakan pendinginan tubuh dengan mengatur napas secara sempurna setelah berolahraga, itu artinya anda sedang dalam proses menyatukan pikiran, perasaan dan hati anda menjadi satu.

Pada setiap hela napas yang anda hembuskan, pada saat melakukan gerakan pendinginan, maka  tubuh akan ikut meregang sambil mengatasi rasa nyeri yang melanda. Perpaduan antara pikiran dan tubuh ini begitu penting guna relaksasi terlebih dalam mengatasi stress. Penting untuk diketaui bahwa saraf baik di dalam otak maupun sekujur tubuh anda akan merasakan ketenangan dari relaksasi yang rutin dilakukan guna peregangan setiap hari.

Jangan lakukan pendinginan tanpa arahan profesional

Setelah anda memahami betapa pentingnya gerakan pendinginan setelah berolahraga, begitu juga halnya dengan pemanasan. Pemanasan penting dilakukan sebelum berolahraga guna peregangan otot sebelum berolahraga. Lakukan gerakan pendinginan dengan lembut dan hindari gerakan yang cepat. Lakukan 3-5 menit saja.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pencinta olahraga tentunya. Agar tujuan olahraga yang anda lakukan sesuai yang diharapkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *