LOADING

Type to search

Sudah Kurus Tapi Merasa Tidak Ideal? Yuk Coba Ketahui Berat Badan yang Ideal Bagi Pria Dan Wanita

Sudah Kurus Tapi Merasa Tidak Ideal? Yuk Coba Ketahui Berat Badan yang Ideal Bagi Pria Dan Wanita

Share

Memiliki tubuh proporsional menjadi impian sebagian besar orang. Akan tetapi, apa kamu sudah tahu cara menghitung berat badan ideal yang tepat?

Ya, mengetahui perhitungan berat badan ideal akan memudahkanmu menjaga kesehatan. Pasalnya, bobot tubuh yang terlalu gendut atau kurus bakal membuatmu lebih rentan terkena berbagai penyakit. Sebut saja serangan jantung, stroke, diabetes tipe 2, hipertensi, hingga kanker.

Bagaimana cara mengukur berat badan ideal?

Ada beberapa metode mudah yang dapat kamu terapkan untuk mengetahui berapa idealnya bobot tubuh. Salah satunya menyesuaikan berat tubuh dengan tinggi badan memakai rumus Broca, yakni dengan perhitungan:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Sebagai contoh, kamu yang punya tinggi badan 160 cm sudah dikatakan normal kalau memiliki berat badan 60 kg. Namun, lain ceritanya bila kamu ingin memperoleh bobot tubuh ideal. Pasalnya indikator ideal untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Hal ini disebabkan komposisi tubuh kaum Adam yang lebih banyak mengandung massa otot. Sementara itu, komposisi tubuh kaum Hawa didominasi lemak.

Masih menggunakan rumus Broca, berikut perhitungan yang bisa kamu pakai untuk mengetahui berat badan ideal sesuai jenis kelamin:

Untuk laki-laki

berat badan (kg) = –

Untuk perempuan

berat badan (kg) = –

Apa saja rahasia memperoleh berat badan ideal?

Mengetahui rumus menghitung berat badan ideal saja tak cukup buat mewujudkan impianmu. Masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perubahan bobot tubuh, salah satunya asupan makan yang kamu santap sehari-hari. Mereka yang ingin melatih diri demi mendapatkan bentuk tubuh proporsional biasanya akan menjalankan program diet. Dalam hal ini, diet tak melulu berhubungan dengan penurunan berat badan, karena ada juga yang harus menaikkan massa tubuh untuk mencapai level ideal. 

Meski demikian, memiliki berat badan ideal bukanlah keharusan. Mempunyai bobot normal saja sebenarnya sudah cukup buat kamu yang ingin menjaga kesehatan. Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung normalnya berat badan yang kamu miliki, yakni Indeks Massa Tubuh atau IMT.

Kamu yang rutin mengukur tinggi dan berat badan mungkin sudah familier dengan perhitungan tersebut, bukan? Begitu memperoleh hasil dari IMT, kamu bisa menilai status bobot tubuh berdasarkan kategori di bawah ini:

  • Tubuh dikatakan kurus kalau IMT kurang dari 18,5;
  • Tubuh dikatakan normal kalau IMT berada di kisaran 18,5 sampai 25;
  • Tubuh dikatakan overweight kalau IMT berada di kisaran 25,1 sampai 27;
  • Tubuh dikatakan obesitas kalau IMT berada di atas 27.

Selamat menghitung berat badan ideal yang kamu inginkan sesuai rumusnya!

Tags:

1 Comments

  1. scr888 October 30, 2018

    Nice post. I used to be checking continuously this weblog and I am inspired!
    Very useful info specifically the remaining part 🙂
    I handle such information much. I used to be seeking
    this particular info for a long time. Thank you and best of luck. https://918.network/downloads/79-download-918kiss-download-918-kiss-download-scr888

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *