LOADING

Type to search

10 Kebiasaan Yang Membuat Kamu Gendut

Share

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi sebuah impian bagi kebanyakan orang. Berbagai hal dilakukan untuk menurunkan berat badan mulai dari olahraga hingga melakukan diet ekstrim. Tapi taukah kamu, banyak hal yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari malah membuat berat badan menjadi naik alias gendut.

 

10 hal dibawah ini adalah hal-hal yang bikin berat badan kamu bertambah.

1. Makan makananan yang berlabel ‘Low-fat’

Kedengarannya emang aneh sih, kamu makan makanan yang lowfat untuk mengurangi lemak tapi malah bikin kamu tambah gendut. Karena biasanya produk di pasaran yang berlabel ‘low fat’ ini akan mengurangi lemak dan menggantinya dengan karbohidrat yang bisa dicerna lebih cepat.

Namun karbohidrat ini dapat meningkatkan gula darah dan kamu akan lebih gampang merasa lapar dibanding makan makanan yang berlemak. Karena karbohidrat lebih gampang di cerna namun dapat meningkatkan gula darahmu.

2. Tidur terlalu banyak ataupun terlalu sedikit

Kamu tau gak? Kalau kamu sedang menjalani diet, saat kita tidur lebih dari 5 jam, kita juga akan membakar sekitar 2 ½ kali lebih banyak dibanding orang yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 8 jam. Jadi sebaiknya kamu tidur sekitar 6 hingga 7 jam ya sehari untuk menjaga berat badan kamu agar tetap ideal.

3. Meninggalkan Makan

Jika kamu melewatkan makan untuk menurunkan berat badan, kamu salah besar. Karena, melewatkan makan terutama sarapan justru akan membuat kamu 4,5 lebih beresiko mengalami obesitas. Kenapa? Karena melewatkan makan akan memperlambat metabolisme kamu dan meningkatkan rasa lapar. Jika rasa lapar ini meningkat akan memungkinkan kamu makan lebih banyak berlebihan pada jam makan berikutnya dan menyimpan lemak lebih banyak di tubuh kamu.

“Jika kamu melewatkan makan untuk menurunkan berat badan, kamu salah besar. Karena, melewatkan makan terutama sarapan justru akan membuat kamu 4,5 lebih beresiko mengalami obesitas.”

4. Kurang Minum Air Putih

Asupan air yang cukup sangat penting untuk semua fungsi tubuh kamu dan semakin kamu banyak minum air putih maka kamu akan semakin mudah untuk menjaga berat badanmu bahkan kamu bisa mengurangi berat badan kamu loh. Sebuah riset mengatakan kalau kamu minum 2 gelas air sebelum makan, kamu bisa berkesempatan turun berat badan hingga 30 persen dari pada orang yang tidak minum air putih sebelum makan. Kamu juga bisa menambahkan air putihnya dengan es untuk menambah efeknya. Riset lain mengatakan kalau 6 gelas air dingin dalam sehari bisa membantu sistem metabolisme kamu dan membakar 50 kalori setiap harinya.

5. Mengonsumsi Garam Secara Berlebihan

Nah ini dia salah satu kebiasaan yang bikin kamu gendut. Kamu gak memperhatikan berapa jumlah sodium dan garam yang kamu konsumsi dalam sehari. Mungkin kalau kamu lagi membeli makanan kamu ga terlalu memperhatikan label nutrisinya, padahal ini penting loh untuk kamu mengetahui berapa jumlah garam dan sodium yang kamu konsumsi dalam sehari. Rata-rata orang mengkonsumsi sekitar 50% dari asupan garam yang direkomendasikan dalam sehari. Sebagian besar kelebihan sodium ini berasal dari keju, mayonaise, dan makanan kemasan lainnya yang menggunakan lebih banyak garam atau sodium. Orang dewasa direkomendasikan memakan 2.300 mg sodium per hari atau kurang dari itu dapat membantu menahan perut kembung tekanan darah tinggi dan kondisi kesehatan lainnya.

6. Menghindari Makanan Berlemak

Kamu semua tau kalau makanan yang mengandung transfat dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, menambah berat badan dan stroke, jadi kamu harus pintar-pintar untuk menghindari makanan yang mengandung lemak. Tapi hal ini bukan berarti kamu tidak memakan semua makanan yang mengandung lemak. Kamu bisa mengkonsumsi lemak sehat seperti kacang-kacangan untuk membantu menjaga berat badanmu dan tetap sehat. Karena lemak bukan hanya membantu menyerap vitamin dari makanan yang kita makan tapi juga membantu memberikan energi bagi kita dan menurunkan berat badan. Konsumi 1 porsi lemak sehat setiap kali makan misalnya ¼ cup almond atau kenari, sayuran yang di tumis dengan minyak zaitun, dan beberapa irisan alpukat akan membantu mencukupi asupan lemak di tubuhmu.

7. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Kamu tau gak sih kalau soda juga bisa membuat berat badan kamu bertambah, bahkan jika kamu minum yang versi diet sekalipun. Kenapa? Sebuah riset menunjukkan bahwa minum satu sampai dua gelas soda per hari dapat meningkatkan resiko kelebihan berat badan atau obesitas hampir 33%. Dan diet soda juga tidak lebih baik dari soda biasa. Pemanis buatan yang terdapat pada soda memicu nafsu makan berlebih sehingga kamu secara tidak sadar makan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

 

8. Makan Terlalu Cepat

Salah satu fakta yang dimiliki tubuh kita adalah butuh waktu 20 menit bagi perutmu untuk memberi sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang atau perutmu sudah penuh. Makannya nih jika kita makan, kita baru merasakan sangat kenyang sesaat setelah makan kan? Orang yang makan lebih lambat mengkonsumsi 66 kalori lebih rendah dibanding mereka yang makan dengan cepat karena perut akan memberi sinyal ke otak 20 menit kemudian setelah makan

 

9. Tidak Memvariasikan Makananmu

Jika kamu sedang menjalani diet tertentu seperti diet rendah karboohidrat atau paleo diet, kamu harus berhati-hati karena diet tertentu akan memotong sebagian atau seluruh kelompok makanan tertentu. Nah buat kamu yang melakukan diet ini, kamu akan lebih beresiko kekurangan gizi dan berbahaya. Atau kemungkinan kamu akan merasa bosan karena makan makanan yang sama setiap harinya

 

10. Kamu Makan Ketika Sedang Emosional

Sebuah studi di Universitas Alabama mengatakan terdapat golongan yang disebut ‘emotional eaters’ yaitu mereka yang mengaku makan sebagai respon terhadap tekanan emosional. Biasanya mereka yang mengalami ini beresiko 13 kali lebih besar mengalami kelebihan berat badan atau emosional. Jika kamu merasa adanya dorongan untuk makan sebagai respon terhadap stres cobalah untuk mengunyah permen karet, minm segelas air atau berjalan-jalan kecil. Kendalikan dirimu agar tidak mengkonsumsi kalori berlebih saat kamu merasa stres atau tertekan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *