LOADING

Type to search

Berapa Lama Durasi Workout Yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan ?

Berapa Lama Durasi Workout Yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan ?

Share

Latihan fisik seperti workout adalah satu dari sekian anjuran yang sering diberikan bagi mereka yang ingin diet selain menyantap makanan sehat. Workout biasanya dilakukan di tempat fitness atau gym, tapi ada juga yang menerapkannya sendiri di rumah atau gelanggang olahraga.

Anda yang tertarik memasukkan workout ke dalam program diet pun harus mengenal aturannya, termasuk seputar durasi efektif workout. Dengan menjalankan workout sesuai jadwal, Anda tak hanya akan mendapatkan tubuh ideal, tetapi juga kesehatan yang lebih baik.

1. Durasi untuk setiap sesi latihan

Workout biasanya terdiri atas beberapa sesi latihan, tergantung program yang ingin kamu ambil. Untuk setiap sesi, durasi yang paling direkomendasikan adalah 30 sampai 60 menit atau maksimal enam hari per minggu. Jangan lupa selipkan 5 sampai 10 menit untuk warming up atau pemanasan. Dengan kata lain, kamu tidak perlu menghabiskan waktu selama berjam-jam di treadmill atau angkat beban. Latihan singkat tetapi rutin justru yang akan membuahkan hasil maksimal.

2. Membangun rutinitas workout

Dengan durasi tak lebih dari 1 jam per hari, semestinya workout tak sulit dilakukan. Kenyataannya, membangun rutinitas ini tak mudah, khususnya bagi mereka yang punya jadwal padat. Bagaimana cara mengatasi kendala ini? Anda dapat menyusun ulang kegiatan sehari-hari, lalu temukan celah yang setidaknya bisa dimanfaatkan untuk workout. Mulailah dari latihan paling ringan dalam durasi singkat. Begitu rutinitas terbangun, tingkatkan perlahan agar tubuh kamu tidak kaget.

3. Variasi latihan dalam workout

Menyambung poin sebelumnya, kalau kamu sudah mempunyai rutinitas workout tetap dan mulai jenuh dengan 1-2 latihan fisik, coba tambahkan variasi. Misalnya, hari ini kamu jalan di treadmill, besok kardio, lalu dilanjutkan latihan beban. Berikan jeda di tengah minggu supaya tubuh bisa ‘bernapas’ sebentar. Kamu juga dapat mengajak teman-teman atau kerabat keluarga yang sama-sama membutuhkan latihan fisik dengan durasi efektif workout.

4. Perhitungkan interval training

Interval training merupakan latihan fisik berintensitas tinggi yang diseling periode istirahat. Contohnya, kamu bisa menyelipkan sprint selama 30 detik sebagai permulaan, lalu pada setiap 3 menit lakukan lari santai. Praktikan interval training berulang sampai sesi latihan selesai dan tingkatkan kalau kamu merasa tubuh sudah beradaptasi. Hasilnya, tubuh kamu mampu melakukan pembakaran lemak dan kegiatan lain dalam waktu yang relatif singkat, tetapi sangat efektif.

Satu hal lagi yang tak boleh luput dari daftar Anda adalah istirahat yang cukup. Banyak orang yang gagal mendapatkan hasil workout yang didambakan karena mengabaikan jam tidur atau malah terlalu lama beristirahat. Jaga juga pola makan, karena asupan gizi dan nutrisi ikut berpengaruh pada durasi efektif workout yang ditentukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *