LOADING

Type to search

Gak Hanya Bentuk Otot! Inilah 3 Manfaat Dumbbell yang Belum Kamu Tau

Gak Hanya Bentuk Otot! Inilah 3 Manfaat Dumbbell yang Belum Kamu Tau

Share

Tak berbeda jauh dari penggunaan alat workout lainnya, manfaat memakai dumbbell atau dumbel yang akan paling kamu rasakan membentuk otot tubuh ideal. Dumbbell termasuk alat latihan fisik yang relatif fleksibel, karena bentuknya kecil sehingga praktis dibawa ke mana saja. Cocok buat kamu yang punya segudang aktivitas, tetapi ingin latihan fisik dengan hasil setara olahraga di tempat fitness.

Walau tidak seberat atau sekompleks alat di lokasi gym, dumbbell tetap bisa kamu andalkan untuk melatih otot inti. Otot inti merupakan serangkaian otot yang terbentang dari otot dada bawah, perut, punggung, sampai otot di sekitar panggul. Otot-otot inilah yang berperan penting dalam menstabilkan serta memproteksi tulang belakang. Tanpa otot inti, kamu akan sulit melakukan kegiatan sehari-hari.

Tidak berhenti sampai di situ, menggunakan dumbbell rupanya bukan hanya dapat mengoptimalkan bentuk dan performa otot inti, tapi juga 3 manfaat berikut yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Mencegah terjadinya cedera

Gerakan-gerakan sederhana seperti membungkuk, mengangkat, menoleh, duduk, hingga berdiri sekilas tak memberikan ancaman berarti. Namun, tahukah kamu kalau gerakan-gerakan tersebut terlalu sering dilakukan, tubuh akan mudah sakit sampai mengalami kaku? Maka, penting bagi kamu untuk menjaga stabilitas otot-otot tersebut. Di sinilah manfaat memakai dumbbell terasa, sebab otot ini akan dibantu buat membangun atau memperbaiki keseimbangan tubuh. Dengan begitu, risiko bagian tubuh nyeri, pegal, atau cedera dapat ditekan semaksimal mungkin.

2. Memperbaiki postur tubuh yang buruk

Terlalu lama duduk dalam postur buruk selama bekerja pasti membuat punggung dan bagian bawah tubuhmu pegal sampai kaku. Untuk mengembalikan postur tubuh, latihlah memakai dumbbell dengan memposisikan otot di sekitar punggung bawah, pinggul, panggul, dan perut sebagai pusat gravitasi. Memperkuat bahu dan bagian atas punggung menghapus jejak tubuh yang semula bungkuk. Hasilnya, postur tubuhmu akan berangsur membaik dan stabil. Bahkan postur yang kamu dapatkan dari latihan dengan dumbbell bakal menciptakan figur ramping dan lebih tinggi, lho.

3. Menahan proses penundaan dini

Menjaga kebugaran tubuh berarti memberikan proteksi menyeluruh pada sistem-sistem penting yang berada di bawah permukaan kulit. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan hal ini adalah membakar lemak yang menumpuk di antara dinding perut dengan organ-organ vital seperti usus dan hati. Dapatkan fleksibilitas dan keseimbangan otot perut, punggung, serta tulang belakang lewat latihan fisik teratur dengan dumbbell. Tak hanya mengoptimalkan pengiriman sinyal ke otak dan meningkatkan penyerapan gizi, cara ini juga secara tak langsung menunda proses penuaan dini.

Itulah 3 manfaat memakai dumbbell dari latihan rutin. Pastikan juga kamu tetap membarenginya dengan makanan sehat dan istirahat cukup, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *