LOADING

Type to search

Mana Yang Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan? Low Impact Atau High Impact

Mana Yang Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan? Low Impact Atau High Impact

Share

Hampir kebanyakan orang selalu memiliki permasalahan dengan berat badan. Ada yang ingin menaikkan atau bahkan menurunkan berat badan. Kedua hal tersebut tidaklah mudah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan kedua hal itu. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga sangat identik dengan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Olahraga menurunkan berat badan ada dua jenis yang sangat terkenal.

Dua jenis olahraga yang diyakini mampu menurunkan berat badan diantaranya olahraga low impact dan high impact. Kedua jenis olahraga tersebut sama-sama memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan membakar kolesterol jahat. Namun, mana yang lebih efektif menurunkan berat badan? Low impact atau high impact? Berikut ini pembahasan dari kedua jenis olahraga tersebut.

Low Impact

Olahraga jenis ini merupakan olahraga yang menggunakan kaki sebagai tumpuan ketika gerakan sedang berlangsung. Gerakan ini membuat kaki masih menempel di lantai. Contohnya seperti olahraga berjalan, berlari, bersepeda, yoga, senam, dan lainnya. Biasanya, olahraga jenis ini sangat direkomendasikan bagi orang yang masih memulai untuk berolahraga, wanita hamil, memiliki berat badan berlebih, atau mengalami cedera tulang.

Olahraga low impact jenis olahraga ringan dengan intensitas rendah dan tidak memberikan banyak beban pada sendi dan tulang di setiap gerakan. Meskipun begitu, low impact juga membutuhkan energi dan mampu membakar beberapa lemak pada tubuh.

High Impact

Lain halnya dengan low impact, high impact merupakan jenis olahraga yang membawa kedua kaki melakukan gerakan melompat atau bisa dibilang tidak menginjak lantai secara bersamaan. Gerakan olahraga high impact seperti lompat tali, squat jump, dan lompat lainnya. Olahraga ini akan memberikan beban pada bagian pinggul, pergelangan kaki, dan lutut. Itu sebabnya, cedera lebih sering ditemui pada orang yang berolahraga high impact.

Olahraga yang terlalu membebankan kaki ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita sendi atau bermasalah pada bagian kaki. Begitu juga untuk orang yang memiliki berat badan berlebih. High impact memang sangat membantu untuk membakar kalori dalam jumlah besar di waktu yang singkat jika dibandingkan dengan low impact. Itu artinya, high impact jauh lebih efektif dan cepat dalam menurunkan berat badan.

Kamu bisa memilih satu dari kedua jenis olahraga menurunkan berat badan. Jika menjawab pertanyaan di atas mana yang lebih efektif menurunkan berat badan? Low impact atau high impact itu tergantung dengan kondisi tubuh kamu. Dari segi pembakaran kalori pastinya high impact memberikan peluang cukup besar untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, intensitas gerakan olahraga juga sangat menentukan.

Jika menurut kamu gerakan ringan mudah dilakukan, bisa jadi low impact cukup efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *