Top Articles

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat kita disarankan untuk melakukan olahraga. Berbagai jenis olahraga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing seperti kardio untuk membakar kalori lebih banyak atau angkat beban bagi kalian yang ingin membangun massa otot. 

 

Meski sudah sering berolahraga, beberapa orang masih banyak melakukan berbagai kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Kesalahan-kesalahan ini akhirnya membuat olahraga yang kamu lakukan tidak bekerja maksimal.

 

1. Tidak Melakukan Pemanasan

Kesalahan pertama pada saat kamu workout adalah tidak melakukan pemanasan atau warm up. Sebelum melakukan workout, sangat penting bagi kita untuk melakukan pemanasan agar otot-otot di badan terasa lentur sehingga tubuh kamu siap untuk melakukan latihan yang lebih berat lagi. Selain itu, dengan melakukan pemanasan, resiko kamu mengalami cedera akan jadi lebih rendah.

2. Kurang Istirahat

Otot mengalami perubahan bukan saat kamu sedang workout, tetapi saat kamu sedang istirahat.  Otot kamu bisa jadi lebih kuat kalo kamu istirahat yang cukup. Ketika kamu workout, otot akan bekerja dan merobek muscle tissues. nah, saat kamu istirahat, robekan-robekan ini akan sembuh dan membuat lapisan baru yang lebih kuat. Makanya kalau kamu terus-terusan merobek tanpa kasih waktu untuk otot menjadi kuat, workout kamu jadi sia-sia.

 

3. Terlalu Memaksakan Diri

Kondisi tubuh yang terlalu lelah justru menghambat pembentukan otot dan pembakaran lemak loh, FitSKWAD! 

Misalnya, kamu angkat beban kuatnya cuman 10kg, tapi kamu paksain jadi 30kg, nah ini bahaya banget karena bisa bikin kamu cedera dan sakit.

 

4. Tidak Konsisten

Tidak melakukan workout secara konsisten, bisa menjadi kesalahan yang paling umum nih. Step atau lamanya waktu workout yang tidak pernah konsisten bisa membuat hasil workout kamu selama ini sia-sia. Nah, selalu buat jadwal untuk waktu workout kamu ya FitSKWAD!

 

5. Jadwal Workout yang Berantakan

Tidak memiliki jadwal atau hari khusus kapan harus workout, bisa menjadi kesalahan yang fatal loh. Kamu jadi nggak teratur dalam menjalankan workout dan bisa-bisa kalori di badan kamu malah jadi menumpuk. 

6. Salah Melakukan Teknik Dasar

Teknik dasar dalam workout memang mudah, tapi kalau kamu salah akan berpengaruh bagi tubuh kamu yang malah akan mengakibatkan cedera.

 

 

7. Kurang Minum Air Putih

Air putih bisa membantu kamu untuk membakar kalori saat sedang workout. Namun, saat tubuh kekurangan air putih, kamu justru akan sulit konsentrasi dan tidak fokus.

 

8. Tidak Mengontrol Makanan yang Dimakan

Makan memang kegiatan yang dilakukan diluar workout. Makan secara berlebihan setelah workout dapat membuat workout yang telah kamu lakukan tidak ada gunanya.

 

9. Terlalu Lama Istirahat saat Workout

Terlalu lama melakukan istirahat saat workout, dapat membuat kamu jadi tidak fokus. FitSKWAD, kamu harus membuat limit waktu istirahat per repetisi dalam workout. Waktu istirahat di setiap workout itu juga beda-beda. Ada yang butuh waktu cepat, namun ada juga yang sedikit lebih lama untuk beristirahat. Jadi sesuaikan dengan workout kamu ya! 

 

10. Berolahraga Menggunakan Otot yang Sama Berkali-Kali

Melakukan workout berkali-kali pada otot yang sama, justru akan memperlambat progres selama kamu latihan. Misalnya, kamu melakukan angkat beban, lalu kamu fokus pada latihan itu terus menerus setiap hari walaupun otot kamu terasa nyeri atau pegal. Hal ini terjadi karena latihan fisik berlebihan dapat memicu kerusakan serat-serat otot karena dipaksa bekerja keras setiap hari.

 

Itu dia 10 kesalahan yang seringkali dilakukan saat berolahraga!

 

Yuk belajar tentang kebugaran bareng SKWAD Fitness!

Subscribe Youtube Channel SKWAD Fitness sekarang!

 

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *