LOADING

Type to search

Beginilah Cara Mudah untuk Membagi Porsi Makan yang Ideal

Beginilah Cara Mudah untuk Membagi Porsi Makan yang Ideal

Share

Bagaimana cara mengatur porsi makan versimu? Sebagian orang besar masih mengandalkan insting saat mengukur jumlah makanan yang mereka santap sehari-hari. Selama kenyang dan enak, semuanya beres. Sayangnya, metode tersebut justru bakal berisiko dan mengganggu kesehatanmu.

Memasukkan sayur dan buah dalam jumlah banyak ke dalam menu juga harus kamu perhitungkan. Jadi, simak dulu penjelasan berikut agar asupan makanmu terjaga dan seimbang.

Menakar porsi makan sehari-hari secara tepat

Orang dewasa setidaknya membutuhkan 2.000 kilo kalori (ccal) per hari. Jumlah ini dapat berubah mengingat setiap orang mempunyai kebutuhan yang beragam, terutama kalau kamu kebetulan sedang menjalani perawatan atau menderita penyakit seperti obesitas dan diabetes. 

  • Makanan pokok

Nasi, mie, dan roti adalah segelintir contoh sumber karbohidrat yang disantap sebagai makanan pokok. Jika kamu memilih nasi, pastikan porsinya tak melebihi 500 gram per hari, sedangkan mi 1.000 gram per hari. Sebagai perbandingan, satu gram nasi setara dengan satu kepalan tangan orang dewasa dan anjuran konsumsi harian yang dianjurkan sekitar lima kepal nasi di pagi hari. Lanjutkan dengan dua kepal untuk santap siang dan setengah kepal di malam hari.

  • Sayur dan buah

Menurut Kementerian Kesehatan, asupan sayur dan buah yang sebaiknya dikonsumsi orang dewasa adalah 400 gram dan 600 gram per hari. Cara mengatur porsi makan untuk jenis makanan ini adalah memastikan dua pertiga porsi terdiri atas sayur dan sepertiganya adalah buah. Sediakan satu cangkir sayur saat sarapan, satu setengah cangkir untuk santap siang, dan porsi yang sama di malam hari. Lalu untuk buah, satu butir di pagi menjelang siang dan satu lagi di sore hari.

  • Lauk-pauk

Lauk-pauk terdiri atas sumber makanan hewani dan nabati. Kamu dianjurkan mengonsumsi kebutuhan gizi nabati sebesar 100-400 gram dan 70-160 gram untuk gizi hewani. Supaya tidak cepat bosan, kamu bisa mengombinasikan kedua jenis lauk-pauk tersebut. Misalnya, dengan memadukan sepotong paha ayam dengan sepotong dada ayam (50 gram). Artinya, kamu dapat memakan menu ini tiga kali sehari untuk memenuhi asupan gizi.

Trik membagi ruang ideal di piring makan

Pertama, kamu harus membagi piring menjadi empat bagian. Pada bagian kiri, isi dengan 50% nasi dan lauk-pauk yang kamu pilih sesuai selera. Kemudian, sisa 50% piring diisi sayur dan buah. Hindari pula kebiasaan mengambil nasi dalam jumlah besar dan menumpuknya dengan lauk-pauk dan sayur. Hal ini ternyata berisiko mengurangi keseimbangan gizi dan nutrisinya. Menyoal minuman, usahakan agar kamu menyediakan air putih alih-alih teh, apalagi kopi yang kurang bagus untuk proses pencernaan makanan.

Semoga cara mengatur porsi makan ini membantumu menjaga gaya hidup sehat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *