LOADING

Type to search

Ikuti Tips Ini Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Berolahraga

Ikuti Tips Ini Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Berolahraga

Share

Salah satu faktor yang menyebabkan orang malas berolahraga adalah belum banyak gerakan fisik yang dilakukan badan rasanya sudah tidak kuat. Padahal orang yang jarang olahraga memang punya daya stamina yang lebih rendah dibanding yang rajin olahraga. Untuk punya stamina yang kuat, maka harus rajin olahraga dengan menambah intensitas secara bertahap. Jangan keok dengan rasa capek dan nafas ngos-ngosan ketika Kamu berolahraga, itu artinya tubuhmu sedang menyesuaikan diri dengan intensitas gerakan fisik karena tidak biasa banyak digunakan. Berikut adalah beberapa tips agar tidak mudah lelah saat olahraga.

Pemanasan sebelum olahraga penuh

Fungsi pemanasan sebelum olahraga adalah melemaskan otot-otot dan menyiapkannya untuk melakukan aktivitas fisik yang intens. Pemanasan juga bisa meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme agar badanmu tidak kaget dan menyebabkan cedera nantinya. Melakukan pemanasan bisa dilakukan dengan cara peregangan yang dinamis alias bergerak, bukannya statis yang hanya menahan otot dalam posisi tertentu selama beberapa detik karena hal ini bisa menyebabkan otot cepat capek. Pemanasan juga bisa dilakukan dengan melakukan olahraga dengan intensitas yang kecil misalnya jogging selama 10 menit sebelum lari, atau berenang-renang kecil sebelum berenang dengan kecepatan penuh.

Jaga asupan air minum

Tips agar tidak mudah lelah saat olahraga yang kedua adalah minum satu atau dua gelas air putih setidaknya 2 jam sebelum olahraga. Kemudian tetap jaga asupan air minum selama olahraga dengan mengonsumsi air putih setiap 15-30 menit sekali. Kalau Kamu melakukan olahraga dengan waktu yang lebih lama atau intensitas yang lebih tinggi, bisa mengonsumsi air yang mengandung elektrolit. Kekurangan air akan membuat tubuh jadi cepat lelah dan meningkatkan risiko cedera.

Bangun stamina secara bertahap

Sudah disinggung sebelumnya kalau untuk mendapatkan stamina yang lebih bagus Kamu harus melakukannya secara bertahap. Jangan terburu-buru ingin mengangkat beban yang lebih berat atau lari lebih jauh kalau tubuhmu saja belum terbiasa dengan olahraga yang ringan. Langsung terjun ke program olahraga yang berat dengan harapan bisa menurunkan berat badan lebih cepat adalah cara cepat untuk membuat tubuhmu kelelahan dan akhirnya motivasi untuk olahraga pun jadi sirna.

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat

Tips agar tidak mudah lelat saat olahraga ini banyak yang masih belum tahu padahal bisa membantu menambah tenagamu ketika melakukan olahraga. Satu atau dua jam sebelum olahraga Kamu bisa mengonsumsi makanan ringan yang mengandung karbohidrat misalnya buah pisang di mana kandungan karbohidrat dan protein pada buah pisang bisa menjadi sumber energi yang membuat olahragamu jadi lebih bertenaga dan tidak cepat lelah. Mengonsumsi makanan sebelum berolahraga juga mencegah massa otot berkurang karena jika tubuh tidak memiliki kalori untuk dibakar maka tubuh akan mengambil energi dari otot.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *