LOADING

Type to search

Ikuti Tips Ini Supaya Bisa Mengatur Nafas Dengan Baik Saat Workout

Ikuti Tips Ini Supaya Bisa Mengatur Nafas Dengan Baik Saat Workout

Share

Banyak orang mempraktekkan berbagai macam olahraga yang difokuskan hanya pada gerakan dan tekniknya saja. Padahal ada satu faktor yang bisa membuat performa olahragamu jadi lebih maksimal yaitu teknik bernafas. Melakukan teknik bernafas yang benar bisa membuatmu jadi tidak mudah lelah untuk menyelesaikan program olahraga dari awal sampai akhir, mengurangi resiko keliyengan, bahkan juga menambah efisiensi pembakaran lemak. Teknik bernafas dalam olahraga tidak hanya sekedar mengambil nafas dalam dan mengeluarkannya. Berikut adalah beberapa tips mengatur nafas saat workout berdasarkan olahraga yang Kamu lakukan.

Lari atau jogging

Bukan aturan yang mutlak memang, tapi para ahli merekomendasikan ketika lari Kamu bisa menerapkan ritme bernafas 2:2 untuk meningkatkan performa agar tidak mudah capek. Artinya ambil nafas ketika melangkahkan kaki kaki kanan-kiri, kemudian buang nafas ketika mengambil langkah selanjutnya, setiap nafas dilakukan pada setiap dua langkah kakimu. Pada awalnya menerapkan teknik ini memang agak susah dan bisa membuat kecepatan larimu jadi lambat, namun lama-lama jika dibiasakan ritme nafas ini akan membuat larimu jadi lebih nyaman dan tidak mudah kehabisan nafas.

Olahraga dengan intensitas tinggi

Jika Kamu melakukan olahraga dengan intensitas dan ritme yang tinggi seperti misalnya sepak bola, futsal, basket, maupun olahraga permainan dan tim lainnya, teknik pernapasan dengan menggunakan diafragma penting untuk Kamu kuasai. Selama bermain, bernafas dengan menggunakan diafragma dan bukannya menggunakan dada akan memperkuat otot perutmu sehingga gerakan apapun yang Kamu lakukan bisa lebih stabil dan akurat. Tips mengatur nafas saat workout ini juga bisa membuatmu terlihat lebih tenang dan tidak ngos-ngosan.

Melatih kekuatan otot

Tips mengatur nafas saat workout selanjutya adalah ketika Kamu olahraga di gym dan melakukan latihan otot. Latihan mengangkat beban menggunakan bench press misalnya, buang nafas ketika Kamu mengangkat beban ke atas kemudian ambil nafas saat Kamu mengembalikannya ke dadamu. Teknik bernafas ini tidak hanya membantumu untuk mengangkat beban dengan sedikit lebih mudah tapi juga membuat otot perut jadi lebih kuat dan bisa menahan beban lebih berat. Jangan lupa untuk mengeluarkan nafas saat mengembalikan beban ke dada, karena banyak orang yang lupa akan hal ini dan hanya fokus pada bobot beban saja.

Yoga

Teknik bernafas adalah bagian yang sangat penting bagi yoga, karena meski tidak terlihat seintens olahraga permainan, melakukan gerakan-gerakan yoga yang kompleks bisa juga menyebabkan nafas jadi tersengal. Triknya adalah menyamakan lama waktu ketika Kamu menarik nafas dengan mengeluarkan nafas. Ketika melakukan gerakan yoga yang sulit Kamu mendapati diri menahan nafas, coba ambil waktu untuk istirahat dan fokuskan kembali pikiran. Karena ketika Kamu menahan nafas dalam gerakan yoga hal itu bisa jadi tanda Kamu terlalu memaksakan diri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *