LOADING

Type to search

Inilah 5 Kebiasaan Yang Bikin Perut Kamu Buncit

Tags:

Inilah 5 Kebiasaan Yang Bikin Perut Kamu Buncit

Share

Kebanyakan kenaikan berat badan larinya ke perut. Hal ini tentu menyebalkan karena mendadak celana jeans Kamu yang skinny jadi tidak bisa dikancing. Ketika mengenakan pakaian yang pas badan pun terlihat ada tonjolan di perut yang membuat Kamu jadi kurang percaya diri dalam berpenampilan. Selain menurunkan citra diri, perut yang membuncit juga tanda bahwa Kamu harus segera diet karena lemak di perut terutama yang menempel di tulang rusuk banyak dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan dan penyakit tidak menular yang membahayakan hidupmu. Tidak hanya sekedar makan makanan tinggi lemak dan gula, hal-hal ini justru bisa jadi kebiasaan yang bikin perut buncit.

Tidak tidur dengan cukup

Hentikan kebiasaan begadang kalau Kamu harus bangun pagi-pagi keesokan harinya. Kurang tidur menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang membuat orang jadi stress. Saat stress, Kamu mungkin termasuk orang yang kemudian ngidam ingin makan makanan yang manis atau junk food. Jenis-jenis makanan ini adalah makanan dengan kalori kosong alias mengandung kalori yang tinggi tanpa nutrisi yang padat. Kurang tidur juga bisa menyebabkan proses metabolisme melambat yang membuat pembakaran kalori pun jadi kurang maksimal.

Tidak minum cukup air

Memenuhi kebutuhan air yang cukup seringkali dikesampingkan banyak orang padahal kebiasaan yang bikin perut buncit ini juga bisa membuatmu rentan dengan berbagai macam resiko penyakit. Memenuhi kebutuhan air putih akan membantu untuk mengurangi cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh, ia juga mengurangi efek perut kembung, serta memberikan rasa kenyang sehingga Kamu tidak banyak ngemil. Berbeda dengan minuman manis seperti soda, sirup, atau jus kemasan yang membuatmu ingin terus minum dan akhirnya menambah konsumsi kalori.

Membuat diri sendiri kelaparan

Hilangkan konsep diet sama dengan melaparkan diri dari pikiranmu. Ketika tubuh tidak mendapatkan kalori yang cukup dari makanan, maka ia akan menyimpan kalori sebanyak mungkin karena tubuh membutuhkan lemak untuk beroperasi. Untuk menurunkan berat badan, jumlah kalori yang masuk harus kurang dari kalori yang digunakan. Dalam artian konsumsi makanan yang rendah kalori, ditambah dengan olahraga yang cukup, bukan dengan sengaja melewati waktu makan.

Makan malam terlambat

Kebiasaan yang bikin perut buncit selanjutnya adalah makan malam terlambat. Tidak boleh makan setelah jam 7 malam itu bukan mitos ya, Kawan. Karena di malam hari, sama seperti seluruh tubuh Kamu, organ pencernaan juga membutuhkan istirahat dari segala macam kegiatan pencernaan. Artinya, kalau tidak ada kegiatan mencerna makanan maka tidak ada kalori yang dibakar ketika Kamu makan malam terlambat. Kalau Kamu lapar sebelum tidur, Kamu bisa “menipu” perutmu dengan minum air putih dua gelas.

Makan dengan piring yang besar

Kebiasaan yang bikin perut buncit satu ini memang tidak begitu menyolok dan bikin Kamu tidak sadar kalau bisa menambah lemak. Piring yang besar punya permukaan yang lebih luas untuk menempatkan makanan. Makanan jadi terlihat lebih sedikit dan membuatmu merasa kurang. Ganti piring besar dengan piring yang lebih kecil agar Kamu bisa makan dengan porsi yang pas tanpa merasa kurang.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *