LOADING

Type to search

Jangan Takut ! Lawan Body Shaming Dengan Cara Ini

Tags:

Jangan Takut ! Lawan Body Shaming Dengan Cara Ini

Share

Body shaming adalah komentar yang keluar dari mulut seseorang yang memberikan kritikan kepada bentuk maupun ukuran tubuh orang lain. Contoh paling sederhana dalam hal body shaming yang ada di tengah masyarakat kita sekarang adalah dengan mengomentari bentuk tubuh seseorang dalam usahanya untuk basa basi dalam percakapan misalnya, “Kamu gendutan ya sekarang” “Kamu kok kurus sih? Jadi cengkring” dan hal lain bernada sama. Bedakan antara body shaming dengan komentar dari seseorang yang perhatian dengan kesehatanmu. Kalau Kamu pernah merasakan body shaming, jangan langsung marah atau menarik diri, berikut tips menghadapinya.

Jangan menambahi komentar

Jika temanmu ada yang menjadi target body shaming, Kamu bisa mengalihkan pembicaraan ke topik yang lebih aman dan menyenangkan dibandingkan dengan kondisi fisik seseorang. Meski orang lain nampak nyaman dengan komentar-komentar fisik yang diarahkan padanya belum tentunya hatinya merasa senang. Ia akan merasa terselamatkan dan lebih terbuka jika topik yang dibahas tidak menyangkut kondisi fisiknya yang bisa jadi terjadi karena faktor pribadi yang Kamu atau teman-teman yang lain tidak tahu. Topik yang aman untuk pembicaraan basa basi misalnya seperti kenangan-kenangan yang pernah kalian berbagi bersama mungkin dulu ketika jaman sekolah, atau mengenai undangan pernikahan dari teman lama bersama yang Kamu terima.

Lakukan apa yang membuatmu percaya diri

Jika target body shaming adalah dirimu sendiri, Kamu bisa menanamkan nilai positif dalam kehidupanmu dengan melakukan apa yang membuatmu percaya diri. Pilih pakaian-pakaian yang membuatmu merasa lebih keren, tonjolkan hobimu dengan berkarya dan pamerkan ke media sosial, kalau Kamu suka dengan make up bereksperimen dengan berbagai macam make up yang Kamu punya juga bisa menjadi cara untuk mencintai diri sendiri dengan apa yang dimiliki.

Keluar dari tempat persembunyian

Tidak semua orang penganut basa basi body shaming, untuk bisa menemukan orang-orang itu Kamu harus banyak bertemu dengan orang. Jangan sembunyikan dirimu, makin Kamu bersembunyi makin redup aura kepercayaan dirimu. Lakukan hal-hal baru di mana Kamu akan bertemu dengan orang baru. Orang lain akan melihat nilai dirimu yang sebenarnya dan melupakan “ketidaksempurnaan” tubuhmu.

Jangan lupakan kesehatan

Abaikan ejekan orang yang membuatmu merasa buruk dengan diri sendiri. Tapi, bukan berarti Kamu harus mengabaikan faktor kesehatan. Jika memang tubuhmu kelebihan berat badan maka lakukan pola diet yang sehat dengan mengurangi asupan kalori, perbanyak makan sayur dan buah serta rutin olahraga. Begitu juga kalau kamu berada di bawah standar berat badan yang seharusnya karena kelebihan berat badan maupun kurang sama-sama punya resiko penyakit yang tidak boleh diabaikan. Cantik atau ganteng tidak harus langsing seperti model yang penting Kamu punya tubuh yang sehat dan hati yang bahagia.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *