Indonesian Workout, Fitness, Diet, and Healthy Food Digest

Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Membakar Kalorimu!

Read Time:2 Minute, 25 Second

Ternyata membakar kalori tidak selalu harus berolahraga, FitSKWAD! Kamu tetap bisa membakar kalori yang dikonsumsi dengan melakukan kebiasaan sehari-harinya. Apa saja kebiasaan itu?

 

1. Sering Minum Air Putih

Kamu pasti sudah tahu kalau air putih mengandung nol kalori. Namun, bukan itu saja, ternyata minum air putih juga bisa membakar kalori. Setiap kamu minum air putih sebanyak 500 ml, kamu sudah membakar sebanyak 23 kalori dalam tubuh kamu. Sering minum air putih itu artinya semakin banyak juga kalori yang kamu bakar. Tapi ingat, minum air putih juga tidak boleh berlebihan ya, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu. Karena tubuh kita tidak hanya butuh air, tapi juga butuh makanan sebagai sumber tenaga.

 

2. Tertawa

Siapa sangka tertawa bisa membakar kalori, FitSKWAD? Tertawa merupakan efek seseorang saat sedang bahagia, semakin sering kamu tertawa artinya semakin banyak juga kalori yang terbakar. Tahukah kamu, bahwa tertawa selama 10 sampai 15 menit dalam sehari bisa membakar sebanyak 40 kalori. Karena saat tertawa, jantung memompa lebih cepat dari kondisi normal, yaitu sekitar 10 hingga 20% lebih cepat.

 

3. Stretching

Stretching atau peregangan sering dilakukan banyak orang sebelum memulai olahraga atau ketika merasa tubuh terlalu lama dalam posisi tertentu. Meski bukan olahraga berat, ternyata stretching bisa membakar 70 sampai 113 kalori loh, FitSKWAD, tergantung tingkat intensitasnya. Lakukanlah stretching setidaknya 30 menit dalam sehari.

4. Naik Tangga

Kamu akan membakar kalori lebih banyak saat naik tangga dibanding naik lift atau eskalator. Karena saat naik tangga, tubuh bergerak dan membuat otot-otot bekerja maksimal. Kamu yang terbiasa naik tangga saat berada di gedung dibanding naik lift, you did a great job!

 

5. Memasak

Memasak di dapur adalah kegiatan yang menyenangkan. FitSKWAD, ketika memasak kamu juga bisa membakar kalori, loh. Hal ini bisa terjadi karena kamu selalu bergerak, saat mencari bahan, memotong, mengaduk makanan, mengulek sambal, jalan mondar mandir. Nah, kegiatan kecil ini tanpa kamu sadari bisa membakar kalori kamu, loh. Setidaknya memasak 30 menit bisa membakar kalori kamu hingga 100 kalori.

 

6. Membersihkan Rumah

Membersihkan seisi rumah selama 60 menit dapat membakar sampai dengan 153 kalori dalam sehari loh, FitSKWAD. Selain rumah jadi bersih, tubuh kamu jadi sehat. Kegiatan seperti menyapu ruangan, menyapu halaman, dan mengepel dengan kain adalah kegiatan dalam membersihkan rumah yang bisa banget nih buat membakar kalori kamu.

 

7. Berjalan Kaki

Berjalan kaki selama kurang lebih 60 menit, dapat membakar kalori sampai dengan 250 kalori. Kamu bisa menyiasati untuk berjalan lebih banyak seperti ke warung membeli makanan atau bisa juga berjalan keliling kompleks rumah di pagi hari ataupun sore hari. Mengunjungi tempat yang bisa dicapai dengan jalan kaki dibanding naik kendaraan seperti motor. 

 

Kebiasaan-kebiasaan kecil diatas bisa membantu kamu membakar kalori. Apalagi kamu yang tidak bisa menyediakan waktu untuk berolahraga. Pastinya dengan melakukan hal-hal diatas tadi bisa menjadi jalan pintas untuk kamu agar tetap bisa membakar kalori.

 

Yuk belajar tentang kebugaran bareng SKWAD Fitness!

Subscribe Youtube Channel SKWAD Fitness sekarang!

0 0
Exit mobile version