Top Articles

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kamu tetap gendut meski porsi makan kamu tidak banyak. Mari simak penjelasan berikut ini.

 

1. Kalori

Alasan pertama kamu tetap gendut meski porsi makan sedikit adalah kalori. Kalori itu sendiri merupakan ukuran banyaknya energi yang terkandung dalam makanan atau minuman. Pada dasarnya kamu membutuhkan kalori untuk energi kamu agar bisa beraktivitas. Energi itu sendiri didapatkan dari makanan yang kamu konsumsi sehari-harinya. Sayangnya, kebutuhan kalori tiap orang berbeda. Umumnya wanita membutuhkan rata-rata kalori sekitar 1600 – 2400 kalori per hari. Sedangkan pria, membutuhkan sekitar 2000 – 3000 kalori per hari. Tapi ingat, setiap orang memiliki kebutuhan berbeda-beda tergantung tinggi, berat badan, dan tingkat keaktifannya.

 

Kalori di tubuh kamu bisa dibilang baik jika sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan kata lain, kalori yang kamu terima dan yang kamu keluarkan sama rata jumlahnya. Sebaliknya, jika kalori yang kamu terima melebihi kalori yang kamu keluarkan, maka kalori itu dikatakan buruk. Karena kalori tersebut menumpuk di dalam tubuh kamu menjadi lemak dan membuat badan kamu gemuk.

 

Kalori tidak didasarkan pada porsi makanan, tapi jumlah kalori dalam tiap makanan. Misal, sepotong kue tiramisu akan memiliki kalori yang lebih besar dibanding dua buah apel. Karena kue tiramisu mengandung gula dan coklat yang menyebabkannya memiliki kalori lebih tinggi dari dua buah apel sekalipun.

 

2. Stress

Stress bisa membuat berat badan kamu naik, Fitskwad. Hal ini disebabkan peningkatan hormon kortisol di dalam tubuh saat mengalami stress. Hormon ini bisa memicu penumpukan lemak di perut dengan cepat.

 

3. Kurang Tidur

Kenapa kurang tidur bisa memicu berat badan kamu naik? karena kurang tidur bisa membuat turunnya fungsi hormon leptin dan ghrelin, yaitu hormon pengendali nafsu makan kamu. Ini akan menyebabkan kamu lebih mudah lapar dan sistem metabolisme tubuh kamu menurun yang membuat berat badan bisa lebih gampang naik.

 

4. Kurang Olahraga

Olahraga itu penting, paling tidak kamu membiasakan berjalan kaki dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Karena dengan kamu berjalan, kalori kalori di tubuh kamu akan terbakar sehingga tidak menumpuk yang membuat berat badan kamu naik. Karena semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak kalori yang terbakar.

 

Itu dia beberapa alasan yang menyebabkan kamu tetap gendut meski sudah makan sedikit. Ubahlah pola hidup kamu agar membantu pola makan yang sudah kamu ubah. Semangat!

 

Yuk belajar tentang kebugaran bareng SKWAD Fitness!

Subscribe Youtube Channel SKWAD Fitness sekarang!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *