LOADING

Type to search

Ternyata Berbahaya! Inilah Dampak Negatif Jika Remaja Melakukan Diet

Ternyata Berbahaya! Inilah Dampak Negatif Jika Remaja Melakukan Diet

Share

Jika Kamu punya anak atau adik yang sedang dalam usia remaja, perhatikan pola makannya terutama untuk anak perempuan. Dengan akses informasi yang makin tak terbendung saat ini, anak-anak remaja perempuan sudah mengerti mengenai standar kecantikan di mana cantik sama dengan kurus dan langsing. Informasi mengenai pola diet ekstrim para selebriti juga mudah untuk didapatkan oleh anak-anak remaja sekarang yang jika tidak diawasi dengan baik, efeknya bisa berbahaya. Apa saja bahaya diet bagi remaja jika tidak diawasi dan dituntun oleh orang dewasa di sekitarnya?

Pertumbuhan yang terhambat

Anak remaja umumnya belum paham mengenai pola diet yang sehat dan targetnya hanya ingin kurus dan lebih kurus lagi. Hasilnya pola diet yang dijalankan adalah mengurangi asupan makanannya, melewatkan waktu makan, ditambah dengan tekanan batin untuk menjadi lebih kurus lagi. Anak remaja membutuhkan asupan nutrisi yang paling banyak dibandingkan dengan tahapan kehidupan manusia lainnya. Karena pada masa ini anak remaja akan mengalami pertumbuhan yang pesat, aktivitasnya makin banyak, dan otaknya membutuhkan energi sebanyak mungkin untuk mengimbangi kemampuan berpikir dengan perubahan hormonnya. Bahaya diet bagi remaja adalah kurangnya nutrisi yang sangat penting bagi proses tumbuh kembangnya.

Kebiasaan minum minuman energi

Minuman energi adalah minuman yang mengandung tinggi kafein yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan resiko diabetes, serangan jantung, hingga kejang-kejang. Minuman berenergi dalam jumlah banyak juga bisa memengaruhi mood seseorang bahkan menyebabkan kelainan perilaku. Sayangnya, minuman energi banyak dikonsumsi remaja dengan niat sebagai pengganti makan atau sebagai minuman yang bisa mempercepat tingkat metabolisme tubuh. Bukan berarti minuman energi tidak boleh dikonsumsi, hanya sebaiknya jangan setiap hari dan tetap mengonsumsi makanan bernutrisi.

Hanya mengonsumsi makanan tertentu

Bahaya diet bagi remaja lainnya adalah remaja cenderung menyukai mengikuti tren yang berkembang terutama yang dilakukan oleh para selebriti dan figur publik yang muncul di media massa. Seperti yang Kamu tahu ada banyak tren diet di luar sana yang hanya mengijinkan pelakunya untuk mengonsumsi makanan jenis tertentu bahkan ada tren yang hanya berdasarkan pada cairan saja tanpa diimbangi dengan makanan padat. Bahaya mengikuti tren seperti ini tentunya bisa berakibat pada kesehatan tubuhnya, menurunnya massa otot, kurang bertenaga, anemia, bahkan kasus ekstrimnya bisa menyebabkan gagalnya fungsi organ.

Keracunan obat diet

Banyak obat diet yang memberikan klaim bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat tanpa harus disertai dengan olahraga. Hal ini tentunya sangat menggiurkan bagi remaja yang belum paham tentang kesehatan. Bahaya diet bagi remaja yang mengonsumsi obat diet bisa berujung pada muntah-muntah, keracunan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Menggunakan uang jajan untuk membeli obat diet tentunya juga bisa merugikan dirinya sendiri karena kebanyakan obat diet sebenarnya tidak bisa menurunkan berat badan tubuh secara nyata, yang dihilangkan hanya air dan menekan nafsu makan saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *