5 Jenis Roti Yang Cocok Untuk Diet

5 Jenis Roti Yang Cocok Untuk Diet

Variasi jenis roti buat diet bakal jadi solusi untuk kamu yang berencana menurunkan berat badan. Sejumlah roti sengaja dibikin dengan bahan-bahan rendah lemak dan kalori, tetapi tetap membuatmu kenyang lebih lama. Jadi, kamu masih bisa makan enak tanpa menggagalkan program dietmu.

Lantas, jenis roti apa saja yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga bobot tubuh?

1. Roti gandum

Gandum sudah lama dikenal sebagai makanan diet terbaik. Betapa tidak? Jenis karbohidrat kompleks ini kaya akan serat dan bisa menahan laparmu dalam waktu lama. Gandum yang diolah jadi roti umumnya berwarna lebih kecokelatan, bertekstur kasar, dan mudah menjadi remah. Kamu dapat menyajikannya bersama alpukat, telur, atau potongan buah lain sebagai sarapan menyehatkan. Konsumsi roti gandum secara berkala bakal menjaga sistem pencernaan dan membuat staminamu stabil.

2. Roti rye

Rye sebenarnya masih berasal dari keluarga gandum. Bedanya, biji rye lebih gelap dan kasar. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Lund di Swedia, mengonsumsi roti yang terbikin dari rye selama 22 minggu dan berkala bakal mendorong sensitivitas insulin sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuhmu. Roti rye juga punya kandungan serat tinggi seperti gandum, bahkan banyak yang bilang bisa menekan rasa lapar sampai 8 jam, lho!

3. Sourdough

Jenis roti buat diet berikutnya yang bisa kamu konsumsi adalah sourdough. Terbikin dari campuran tepung gandum dengan adonan asam berisi lactobacillus (bakteri baik untuk pencernaan), roti sehat satu ini bakal mudah diterima sistem cerna. Tekstur sourdough yang kasar pun mampu membersihkan saluran usus, sehingga bakteri jahat dan kotoran berbahaya lainnya tak punya kesempatan memicu penyakit yang bakal mengganggu program dietmu.

4. Roti mulltigrain

Kamu mungkin bisa menebak langsung bahan-bahan roti multigrain. Yup, makanan ini terbikin dari berbagai jenis biji-bijian yang bermanfaat buat kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah quinoa, flaxseed, biji bunga matahari, dan lain sebagainya. Tentu saja pengolahannya dilakukan secara cermat agar menghasilkan roti tinggi serat yang bagus untuk sistem pencernaan. Roti multigrain umumnya berwarna cokelat dan dihiasi taburan biji-bijian.

5. Roti pita

Nah, kamu yang doyan menyantap kuliner India atau Bangladesh pasti familier dengan roti pita. Jenis roti ini mungkin bentuknya sederhana, tetapi khasiatnya buat kesehatan patut kamu pertimbangkan. Roti pita mempunyai kandungan kalori dan lemak yang rendah, sehingga tak akan menaikkan berat badan. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan kaya akan mangan, selenium, dan vitamin B yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya.

Itulah 5 jenis roti buat diet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Semoga membantu program penurunan berat badanmu!

Leave a Reply