LOADING

Type to search

Berapa Takaran Cuka Apel Untuk Menurunkan Berat Badan?

Berapa Takaran Cuka Apel Untuk Menurunkan Berat Badan?

Share

Cuka apel atau yang populer dengan nama Apple Cider Vinegar saat ini sedang naik daun dan populer di kalangan wanita. Sebabnya? Dikatakan cuka ini punya banyak manfaat untuk kecantikan maupun diet. Para penjual toko online ramai menjual cuka apel ini dalam botol-botol kecil untuk dijadikan toner yang digunakan pada rutinitas perawatan wajah. Selain itu, cuka apel juga dikatakan bisa membantu untuk menurunkan berat badan dengan berbagai macam review yang muncul di internet dan gambar-gambar before-after yang cukup ekstrim. Benarkah cuka apel baik untuk diet? Dan berapa takaran cuka apel yang pas untuk diet?

Cara minum cuka apel

Cuka apel dibuat dengan cara mencampur apel yang sudah dipotong atau dihancurkan dengan ragi, sehingga kandungan gula pada apel jadi alkohol. Kemudian difermentasikan dengan bakteri menjadi acetic acid. Cuka apel adalah bahan makanan yang banyak digunakan di negara-negara Barat namun kini lebih populer sebagai suplemen diet dan juga kecantikan. Sekitar 100 gram cuka apel mengandung 22 kalori. Kamu bisa meminum satu hingga dua sendok makan cuka apel ini dengan mencampurnya menggunakan air putih kemudian diminum saat bangun tidur. Dikatakan cara ini bisa membantu untuk membakar lemak yang ada di perut.

Manfaat-manfaat cuka apel untuk diet

Acetic acid adalah bahan yang dikenal bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, yang dicobakan pada hewan. Dari hasil percobaan kepada hewan, diketahui bahwa bahan ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan fungsi dan kinerja hati dan otot
  2. Menurunkan kadar insulin yang berhubungan dengan pembakaran lemak lebih banyak
  3. Meningkatkan metabolisme dengan pembakaran lemak lebih tinggi, dan mengurangi produksi gula dan lemak dari hati
  4. Pada tikus diabetes, memberikan acetic acid bisa mengurangi lemak yang tersimpan dalam perut dan mengurangi resiko peningkatan berat badan
  5. Acetic acid juga dikatakan bisa memengaruhi bagian otak yang menimbulkan rasa lapar sehingga nafsu makan yang berlebihan bisa ditekan.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan diet manusia

Penelitian mengenai cuka apel untuk kesehatan manusia belum banyak dilakukan sehingga khasiatnya sebagai suplemen diet sebaiknya Kamu tanggapi dengan bijak. Meski begitu, dari beberapa penelitian kecil yang dilakukan, cuka apel diindikasi memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut:

  1. Membuat perut terasa lebih kenyang jika dikonsumsi bersama dengan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat
  2. Cuka apel juga dikatakan bisa membantu untuk mengurangi berat badan jika dikonsumsi sebanyak satu hingga dua sendok makan per hari dengan pola makan yang biasa, dan konsumsi alkohol yang dihentikan

Cuka apel juga dianggap memiliki berbagai macam manfaat kesehatan, di antaranya adalah menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan membunuh virus serta bakteri sumber penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *