Top Articles

FitSKWAD, salah satu hal yang penting untuk menunjang tinggi badan seseorang adalah nutrisi pada makanan yang dikonsumsinya. Nutrisi adalah asupan penting yang terdapat pada makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari, yang berisi zat-zat penting seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan lainnya. 

 

Nutrisi yang terkandung dalam makanan berbeda-beda termasuk fungsinya bagi tubuh pun juga berbeda. Sebagai contoh, karbohidrat yang terdapat pada nasi dan umbi-umbian yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Ada mineral dan vitamin yang terdapat dalam air, buah-buahan serta sayuran yang dapat memberikan kelancaran metabolisme dalam tubuh dan mengurangi dehidrasi.

 

Nutrisi penting yang kamu perlukan untuk membantu menambah tinggi badan adalah sebagai berikut :

 

1. Protein

Di dalam protein terkandung asam amino yang dapat membantu hormon pertumbuhan untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit dan gigi. Sumber protein bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman, seperti daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe dan susu sapi. 

 

2. Mineral

Makanan yang mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, fluorida, yodium, dan besi berperan penting dalam meningkatkan tinggi badan dan pertumbuhan tubuh. Selain itu, kalsium adalah mineral yang paling penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Hindari minuman yang berkarbonasi, garam berlebih, gula, dan kopi sebaiknya dibatasi atau dihindari karena justru akan menghambat kalsium dalam tubuh, sehingga berdampak buruk bagi pertumbuhan Anda. Beberapa makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium diantaranya susu, sarden, dan sayur bayam.

 

3. Vitamin

Salah satu vitamin yang berperan penting terhadap pertumbuhan tulang adalah vitamin D. Vitamin ini memiliki peran penting terhadap kekuatan dan kesehatan tulang kita. Tubuh yang kekurangan vitamin D bisa berakibat pada penurunan pertumbuhan, tulang yang lemah, dan perawakan yang pendek. Salah satu cara  untuk mendapatkan vitamin D untuk pertumbuhan tinggi adalah dari paparan sinar matahari yang pendek dan teratur. Namun, berhati-hatilah jangan sampai kulit tubuh malah menjadi terbakar. Selain itu vitamin D juga bisa didapatkan mengkonsumsi susu dan yogurt. Selain vitamin D, vitamin-vitamin lainnya pun juga berperan penting dalam pertumbuhan tubuh, seperti vitamin A dan C.

 

4. Beta Karoten

beta karoten. Beta karoten penting untuk pertumbuhan tulang karena pada nantinya akan berubah menjadi vitamin A yang dapat membantu pertumbuhan normal dan perkembangan tulang. Beta karoten dapat ditemukan di makanan seperti wortel, ubi jalar, bayam, aprikot dan paprika hijau.

 

Dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, akan sangat membantu pertumbuhan tulang kamu. Jangan lupa diselingi dengan olahraga seperti basket dan renang. Ini akan membantu pertumbuhan tulang kamu.

 

Yuk belajar tentang kebugaran bareng SKWAD Fitness!

Subscribe Youtube Channel SKWAD Fitness sekarang!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *