Top Articles

Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Nah, kali ini, SKWAD FITNESS akan merangkum 10 makanan yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan berat badan ideal. Apa saja? Mari simak ulasan berikut ini.

 

1. Beras Merah

Beras merah banyak dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dibanding beras putih. Beras merah memiliki senyawa anthocyanin, serat, vitamin, dan mineral lebih banyak dibanding beras putih. Sedangkan dari segi kalori, beras merah memiliki kalori sedikit lebih rendah dibanding beras putih. Dalam 100 gram, beras merah memiliki sekitar 360 kalori.

 

2. Kentang

Kentang membuat kita kenyang dalam waktu yang lama karena mengandung pati resisten atau resistant starch (RS). Pati resisten adalah sejenis pati yang menahan pencernaan saat melewati usus yang berfungsi sebagai “makanan” bagi bakteri baik di usus besar. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menyimbangkan gula darah.

 

3. Oatmeal

Tahukah kamu? Dalam 100 gram oatmeal hanya mengandung 67 kalori saja. Selain mengenyangkan, oatmeal juga kaya akan vitamin dan kalsium. Ini akan membantu proses penurunan berat badan kamu tanpa takut rasa lapar yang menyerang.

 

4. Dada Ayam

Kenapa dada ayam? Karena dada ayam mengandung protein lebih banyak dibanding bagian tubuh ayam lainnya. Selain itu, dada ayam mengandung lebih sedikit lemak dan kalori dibanding paha ayam.

 

5. Ikan

Makan ikan beberapa kali seminggu dapat mendorong penurunan berat badan serta meningkatkan resistensi insulin. Ikan yang kaya protein juga bisa memicu rasa kenyang dan meningkatkan metabolisme sehingga mendorong penurunan berat badan. Ikan juga kaya akan omega 3 yang bisa didapat dari berbagai jenis ikan seperti ikan salmon, tuna, sarden, dan makarel. Selain itu,  berbagai jenis ikan lainnya juga mengandung nutrisi seperti vitamin D, kalsium, dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk pertumbuhan mereka.

 

6. Telur

Protein dan lemak dalam satu butir telur utuh membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat memicu kamu jadi suka ngemil. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan  The American College of Nutrition, orang-orang yang makan telur untuk sarapan, akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori untuk makan siang dan makan malam.

 

7. Buah-Buahan

Untuk sumber nutrisi lainnya seperti vitamin, kalsium, dan serat kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan seperti pisang dan alpukat. Pisang mengandung vitamin A, B, C, juga kalsium. Sedangkan alpukat bisa menjadi sumber lemak sehat untuk tubuh kamu. Selain kaya akan lemak baik, alpukat kaya akan serat, kalium, dan fitokimia. Orang yang suka makan alpukat cenderung memiliki BMI lebih rendah, berat badan dan lingkar pinggang yang lebih kecil.

 

8. Kacang-Kacangan

Kalau kalian pengen ngemil, kacang-kacangan bisa jadi salah satu alternatifnya. Kacang kaya akan protein, serat, dan lemak sehat dalam jumlah seimbang. Studi menunjukkan bahwa makan kacang seperti almond dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan menurunkan berat badan.

 

9. Minyak kelapa dan minyak zaitun

Kedua jenis minyak ini memiliki nutrisi lebih baik dibanding minyak goreng biasa. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bermanfaat bagi tubuh sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti  protozoa. Sedangkan minyak zaitun mengandung anti oksidan dan kaya vitamin E. 

 

10. Bumbu Dapur

Pilihlah bumbu dapur yang organik dan bukan yang sudah diolah terlebih dahulu. Seperti  lada hitam, bawang putih, bawang merah, oregano, dan lainnya.

 

Itu dia sepuluh makanan pilihan yang bisa membuat kamu mendapatkan berat badan ideal.

Yuk belajar tentang kebugaran bareng SKWAD Fitness!

Subscribe Youtube Channel SKWAD Fitness sekarang!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *