LOADING

Type to search

Inilah Alasan Mengapa Masak Dengan Cara Dipanggang Lebih Sehat!

Inilah Alasan Mengapa Masak Dengan Cara Dipanggang Lebih Sehat!

Share

Apakah Anda penggemar makanan gorengan? Kalau iya, Anda barangkali perlu berpikir ulang untuk tetap meneruskan kebiasaan Anda atau beralih ke makanan panggang, yang juga sama-sama memberikan rasa renyah di setiap gigitan. Apalagi jika Anda sedang mempertimbangkan untuk beralih ke gaya hidup lebih sehat dan membatasi jumlah kalori harian, baik untuk alasan kesehatan atau untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda sebaiknya memanggang dan bukannya menggoreng makanan Anda, sebagai bagian dari tips memasak untuk diet kami!

Mengapa Makanan Panggang Lebih Baik

Untuk memanggang makanan, Anda bisa gunakan gas, listrik, atau arang sebagai sumber bahan bakarnya. Sedangkan jenis makanan yang dapat Anda panggang pun bervariasi, mulai dari daging dan kacang, bahkan hingga sayur serta buah. Lalu, apa yang menyebabkan memanggang makanan lebih sehat dibandingkan menggorengnya?

Perbedaan utamanya jelas terletak pada kandungan minyak. Dengan memanggang, Anda jelas mengurangi jumlah minyak di dalam bahan makanan yang Anda olah dalam jumlah yang sangat besar. Apalagi Anda bahkan bisa jadi tidak membutuhkan minyak sama sekali ketika memanggang makanan. Jadi, bahaya dari kandungan lemak trans di dalam minyak goreng pun dapat dihindari.

Selain itu, kandungan lemak pun jauh berkurang pada makanan panggang, termasuk daging sekalipun. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada makanan akan mencair, kemudian meneres keluar dari bahan makanan tersebut. Dengan demikian, jumlah kalori yang terkandung di dalam makanan jauh berkurang; berbeda dengan makanan gorengan yang menyerap minyak sehingga kandungan kalori di dalamnya pun makin banyak.

Makanan Panggang Memang Lebih Sehat, Tapi…

Dalam berdiet, salah satu kunci penting adalah “cukup”. Misalnya, konsumsi jenis makanan tertentu dalam jumlah yang cukup, dan jangan sampai Anda justru berlebihan mengonsumsinya. Pun halnya ketika Anda memasak dengan cara dipanggang, Anda perlu perhatikan seberapa lama Anda memanggang. Sebab, memanggang makanan dalam durasi yang terlalu lama akan menyebabkan suhu makanan jadi terlalu panas dan senyawa penyebab kanker pun dapat terpicu.

Karenanya, sebaiknya Anda panaskan bahan makanan yang akan dipanggang terlebih dulu. Anda bisa gunakan microwave atau merendamnya di dalam air panas selama kira-kira 30 menit sebelum memanggang. Atau, Anda bisa pilih bahan makanan yang cepat matang seperti ikan, agar makanan tersebut tidak berada di dalam pemanggang terlalu lama.

Trik lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan memotong makanan terlebih dahulu menjadi beberapa bagian. Dengan potongan atau bagian-bagian yang lebih kecil, maka makanan pun bisa matang dengan lebih cepat, bahkan jika Anda menggunakan suhu yang lebih rendah saat memanggang. Dan pastinya, jangan lupa untuk membalik makanan agar tidak ada sisi yang menghitam alias gosong!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *