LOADING

Type to search

Inilah Alasan Mengapa Nasi Merah Bisa Menurunkan Berat Badan

Inilah Alasan Mengapa Nasi Merah Bisa Menurunkan Berat Badan

Share

Dari sekian banyak makanan yang sering disebut bisa membantu menurunkan berat badan, nasi merah adalah salah satu yang paling sering muncul dalam menu diet sehat. Diet yang sehat bukan berarti tidak makan, Kamu bisa mengganti makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan makanan yang lebih sehat dan mengandung nutrisi lebih tinggi. Seperti misalnya mengganti nasi putih dengan nasi merah di mana Kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat yang menjadi sumber energi dengan kalori yang lebih rendah. Meski rasanya tidak seenak nasi putih, tapi manfaat nasi merah untuk diet cukup besar lho.

Membuatmu kenyang lebih lama

Sudah makan nasi tapi masih cepat kenyang? Itu karena nasi putih mengandung jenis karbohidrat yang cepat dicerna oleh tubuh sehingga perutmu pun kosong lebih cepat. Beda dengan nasi merah yang mengandung jenis karbohidrat kompleks di mana jenis karbo ini membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama. Ditambah dengan kandungan seratnya yang tinggi karena nasi merah tidak melalui proses pengelupasan menjadikannya makanan yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Selain nasi merah, efek seperti ini juga bisa Kamu dapatkan di gandum utuh.

Buang air besar jadi lebih lancar

Kandungan serat yang ada pada nasi merah 6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih. Selain membuat rasa kenyang lebih lama, makanan yang tinggi serat seperti nasi merah ini juga bisa membuat buang air besar jadi lebih lancar. Manfaat nasi merah untuk diet ini bisa membantu proses pembuangan zat racun yang kemudian akan memberikan dampak positif pada proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme tubuh yang maksimal akan membakar kalori yang lebih banyak saat Kamu melakukan olahraga dan nutrisi dari makanan yang Kamu konsumsi bisa diserap lebih banyak.

Bebas lemak

Nasi merah memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih pada porsi yang sama karena jenis nasi ini tidak mengandung lemak. Lemak memang tetap penting dalam pola makan yang sehat karena merupakan sumber energi, namun porsinya harus dikontrol. Mengonsumsi makanan berlemak tinggi dalam porsi yang berlebihan bisa menyebabkan meningkatkan resiko penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Sudah bikin kenyang lebih lama, ia pun bebas lemak, maka tidak ada  alasan untuk Kamu tidak mengganti jenis nasi yang Kamu konsumsi saat ini.

Manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh

Manfaat nasi merah untuk diet tidak hanya bisa menurunkan berat badan tapi juga sangat baik untuk kesehatan. Mengganti nasi putih dengan nasi merah atau setidaknya Kamu campur dengan perbandingan 1:1 bisa mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kardio lainnya. Nasi merah juga merupakan sumber zat besi di mana nutrisi ini penting sebagai transportasi oksigen ke seluruh tubuh, sedangkan kekurangan zat besi adalah salah satu masalah nutrisi paling umum di dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *