LOADING

Type to search

Mengapa Kalori Yang Dibutuhkan Pria Dan Wanita Berbeda? Ini Jawabannya !

Mengapa Kalori Yang Dibutuhkan Pria Dan Wanita Berbeda? Ini Jawabannya !

Share

Karakteristik fisik yang berbeda membuat porsi kalori tubuh pria dan wanita tak sama. Berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang dirilis Kementerian Kesehatan RI, perempuan dewasa (16 sampai 30 tahun) membutuhkan asupan sebesar 2.125-2.250 kalori per hari. Sementara pria dewasa pada rentang usia yang sama memerlukan asupan 2.625-2.725 kalori per hari.

Lantas, faktor apa saja yang membuat kebutuhan kalori antara pria dengan wanita berbeda?

Faktor-faktor penentu porsi kalori harian 

Kalori merupakan satuan unit pengukur yang dipakai untuk menyatakan jumlah energi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kamu santap sehari-hari. Asupan kalori yang dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh jelas akan membuatmu tetap sehat. Akan tetapi, kalau kamu asal makan atau kurang memperhatikan porsinya, maka kamu akan lebih rentan mengalami gangguan kesehatan.

Bila dilihat dari penjelasan singkat di atas, pria cenderung memerlukan asupan kalori lebih banyak. Hal ini dikarenakan tubuh mereka yang mempunyai massa otot lebih banyak dibandingkan tubuh perempuan. Semakin besar massa ototnya, maka semakin banyak pula energi yang dibutuhkan agar tubuhmu dapat berfungsi maksimal.

Kemudian, sebagian besar kaum Adam tumbuh dengan postur tubuh lebih tinggi yang ternyata ikut berpengaruh terhadap kebutuhan kalori yang harus disantap sehari-hari. Faktor terakhir yang membuat porsi kalori tubuh pria dan wanita tak sama adalah kapasitas paru-paru pria yang lebih besar. Hal inilah yang memungkinkan mereka bekerja lebih keras daripada kaum Hawa. Jadi, wajar saja kalau pria selalu makan lebih besar untuk mempertahankan kekuatan tubuhnya.

Mengapa menghitung porsi kalori sangat penting?

Jumlah kalori yang kamu butuhkan bakal terus berubah seiring bertambahnya usia. Selain itu, gaya hidup yang kamu jalani memberikan pengaruh juga pada porsi kalori yang kamu butuhkan. Jadi, kemampuan menghitung kalori sangat diperlukan bila kamu menginginkan tubuh sehat nan proporsional. Hal tersebut juga secara tak langsung menjaga stabilitas kesehatan mentalmu, lho.

Prinsip dalam memenuhi kebutuhan kalori pada dasarnya tak terlalu rumit, yakni selalu mempertahankan keseimbangan. Ketika kamu mengonsumsi kalori lebih dari jumlah yang ditentukan, maka sebagian kalori akan disimpan sebagai lemak. Lemak dalam batas normal mungkin tidak akan mengganggu performa organ tubuh. Namun, kalau dibiarkan terlalu lama, lemak malah akan menumpuk dan menambah bobot badanmu. Dalam jangka waktu lama, penumpukan lemak akan memicu obesitas, diabetes, serangan jantung, sampai kanker jenis tertentu.

Maka, sekali lagi, kamu harus mampu menghitung asupan kalori yang diperlukan. Atur sumber kalori dari jenis makanan terbaik dan sesuaikan dengan porsi yang sudah kamu tentukan. Jika kamu memerlukan bimbingan, konsultasi dengan ahli gizi sampai menemukan porsi kalori tubuh pria dan wanita yang sesuai denganmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *