LOADING

Type to search

Manfaat Mengagumkan Melakukan Yoga Secara Rutin Di Pagi Hari

Manfaat Mengagumkan Melakukan Yoga Secara Rutin Di Pagi Hari

Share

Tidak banyak yang tahu manfaat senam yoga terasa maksimal bila dipraktikkan di pagi hari. Menurut penulis buku Yogic Cure for Common Diseases, Dr. Phulgenda Sinha, yoga yang dilakukan saat perut kosong atau sebelum sarapan bakal memberikan sejumlah benefit tak terduga seperti:

1. Meningkatkan mobilitas sepanjang hari

Sering merasakan pegal, nyeri, dan kaku pada badan setelah beraktivitas seharian penuh? William Kormos selaku MD Harvard Medical School menyarankan kamu untuk melakukan beberapa gerakan seperti membuka pinggul serta peregangan bahu dan tulang belakang. Gerakan-gerakan tersebut dinilai dapat membantu kamu bergerak lebih leluasa selama beraktivitas. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami gangguan sepanjang hari.

2. Memperbaiki proses metabolisme dalam tubuh

Menerapkan yoga di pagi hari akan memperbaiki metabolisme tubuhmu hingga menjaga kadar gula darah dalam tubuh supaya tetap stabil. Sebuah studi teranyar yang diterbitkan International Medical Sciences Academy menyebutkan bila jenis senam tersebut memberikan hasil lebih efektif dibandingkan latihan fisik. Jadi, untuk kamu yang mempunyai masalah dengan pencernaan atau gula darah, ada baiknya untuk memulai yoga sebelum mengawali kegiatan.

3. Membantu pengumpulan energi/tenaga

Kamu mungkin berpikir yoga sebelum sarapan akan menguras tenaga. Faktanya, yoga di pagi hari tidak akan menimbulkan sakit atau nyeri mengingat perutmu belum terisi makanan atau minuman. Manfaat senam yoga sebelum perut penuh juga memudahkanmu bergerak lebih luwes, sehingga kamu akan merasa santai dan lebih bugar sepanjang hari. Gerakan-gerakan yang dipraktikan pun akan membantu tubuh mengumpulkan energi yang kamu pakai untuk beraktivitas.

4. Membuat tubuh lebih santai dan tenang

Selain memberikan dampak positif untuk fisik, yoga juga sangat bagus untuk kesehatan mental. Studi yang dilakukan Yoga Biomedical Trust di London menyebutkan sekitar 94% partisipan survei yang rutin yoga di pagi hari memiliki kemampuan dalam mengendalikan gangguan kecemasan. Hal ini disebabkan sifat yoga yang dapat mengubah sistem respontres tubuh melalui pengurangan variabilitas detak jantung. Dengan demikian, kamu bakal jadi lebih tenang dan santai.

5. Melatih pengendalian emosi agar lebih stabil

Masih berkaitan dengan kesehatan mental, yoga sering kali direkomendasikan untuk orang-orang yang sukar mengendalikan emosi. Seperti sebagian besar jenis senam, yoga mengharuskan kamu melakukan latihan pernapasan. Teknik tersebut rupanya akan melatihmu untuk lebih fokus terhadap pikiran saja. Secara tak langsung, hal ini akan membantumu mengontrol emosi yang mudah bergolak. Jadi, kamu tak akan cepat tersulut saat menghadapi masalah besar atau situasi darurat.

Benefit-benefit di atas tak terlepas dari cara kamu menerapkan yoga di pagi hari. Maka, sebelum kamu mempraktikannya, pastikan gerakan-gerakan yang dilakukan sudah tepat, sehingga manfaat senam yoga terasa lebih optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *